Cutting sticker Ninja 250 banyak dicari seiring dengan makin banyaknya para penggemar motor tersebut serta meningkatnya trend fashion di kalangan kawula muda khususnya para pencinta Kawasaki Ninja 250. Mereka rela merogoh uang sakunya guna tampil trendy bersama dengan kendaraan roda dua yang dimilikinya.

Ya, para pecinta Kawasaki Ninja 250 menginginkan motor kesayangannya tampil beda lain daripada yang lain, sehingga tak jarang mereka memodifikasi atau menghiasi kendaraannya menggunakan berbagai aksesories diantaranya seperti custom cutting sticker. Custom cutting sticker Ninja 250 ini biasanya dikerjakan dengan mesin cutting sticker yang menjamin presisi dan keakuratan desain serta kerapihan dalam proses desain dan pengaplikasian sticker.

Cutting Sticker Ninja 250 / 250R

Cutting Sticker Ninja 250. Sumber Foto: Toko44.Com

Peluang Usaha Cutting Sticker

Usaha Cutting Sticker merupakan salah satu bisnis yang telah lama ada, khususnya di kalangan pelaku industri percetakan/grafika. Bisnis ini juga merupakan bisnis yang cukup kreatif, semakin pelakunya bisa menunjukkan kreatifitas yang dimilikinya kepada pelanggan, membina hubungan baik dengan mereka, serta memberikan kecepatan pelayanan dan kualitas produk yang dihasilkan, maka peluang untuk maju di bisnis ini terbuka lebar dan merupakan kunci sukses untuk merebut lebih banyak pelanggan.

Dengan memperhatikan pula berbagai akan kebutuhan beragam sticker untuk keperluan promosi, untuk souvenir, sebagai aksesories dan sebagainya yang terus mengalami peningkatan, maka prospek pada bisnis ini nampak semakin cerah. Kebutuhan akan aksesories kendaraan bermotor seperti cutting sticker Ninja 250 tadi hanyalah sebagai salah satu contohnya.

Peluang Bisnis Cutting Sticker

Peluang Bisnis Cutting Sticker. Foto: CV Adensuka Mediatama

Latar belakang di atas cukup memberikan gambaran bahwa bisnis / usaha cutting sticker saat ini sangat layak untuk digeluti oleh siapa saja dan kapan saja. Selain itu  usaha ini juga memiliki masa trend yang cukup panjang dan tak lekang oleh waktu, apalagi dukungan dari para produsen penyedia bahan dan peralatan produksi yang terus berinovasi untuk mengembangkan produknya telah membuat keberagaman produk dan proses pengerjaan atau produksinya semakin mudah.

Cara Memulai Usaha Cutting Sticker?

Seperti juga usaha yang lain, usaha / bisnis cutting sticker membutuhkan investasi atau modal untuk perlengkapan produksi dan juga keahlian untuk mendapatkan kualitas hasil produksi yang dinginkan. Akan tetapi tidak berarti untuk memulai usaha cutting sticker ini rumit, akan tetapi sangatlah mudah. Yang dibutuhkan adalah:

  • Seperangkat komputer grafis lengkap dengan aplikasi (software) desain grafis sepertihalnya CorelDraw, Freehand, Adobe Photoshop dan Illustrator, serta program cutting sticker semacam Art Cut dan Casmate apabila mesin cutting sticker tidak cukup dijalankan dengan aplikasi-aplikasi grafis sebelumnya.
  • Satu unit mesin cutting sticker (kadang disebut juga dengan cutting plotter atau printer sticker) dengan teknologi digital seperti merek Mimaki, Rolland atau Graftec buatan Jepang yang banyak direkomendasikan. Namun sebagai pilihan lain bisa juga menggunakan cutting plotter merk Redsail, Suda, Kingcut, atau mesin cutting sticker Jinka yang semuanya buatan China.
  • Bahan baku utama sticker yaitu stiker polos, dan selebihnya adalah sticker berwarna. Anda bisa mendapatkan dan membelinya dengan mudah dengan cara menghubungi para dealer merek-merek sticker ternama, seperti 3M, Aslan, Oracal, Kiwalite, Retrama, Seicholite, dan lain-lain.
  • Harus piawai dalam desain grafis atau setidaknya mempekerjakan seorang desain grafis yang mengerti cara menjalankan program-program atau aplikasi desain grafis tadi. Harus terampil juga pada saat proses pemasangan sticker atau memiliki tenaga ahli yang telah berpengalaman untuk pemasangan sticker tersebut sehingga hasilnya akurat dan rapih, kecuali jika pelayanan yang diberikan tidak sampai di sini (hanya pembuatan sticker saja).
  • Membeli perlengkapan penunjang kerja seperti scanner, printer, gunting, pinset, isolatip transparan, kamera digital dan lain-lain. Selain itu perlengkapan ini memungkinkan pelaku usahanya bisa lebih berkreasi.
  • Tempat bisnis yang strategis untuk memudahkan akses pelanggan menuju bisnis yang kita geluti, pengetahuan mengenai teknik penjualan dan pemasaran, pengelolaan keuangan yang baik dan benar, dan sebagainya pun tak kalah penting.
Mesin Cutting Sticker Roland Plotter

Mesin Cutting Sticker Roland

Selain bisa dibeli satuan, perlengkapan untuk membuka usaha cutting sticker pun bisa didapatkan dengan membelinya lengkap satu paket, karena pada saat ini para penjual biasanya telah mengemasnya dalam 1 paket usaha cutting sticker terutama yang disediakan untuk para calon pebisnis pemula.B

Bagaimana  dengan Anda yang tidak mempunyai modal atau dana untuk berinvestasi di bisnis ini?

Jangan khawatir, masih “selalu ada jalan lain untuk pergi ke Roma”.. Sedikit pengetahuan tentang cara pembuatan cutting sticker serta dimana tempat untuk mengerjakan atau melempar desain dan jasa cutting sticker pun sudah memadai bagi Anda yang sangat berkeinginan untuk terjun di bisnis cutting sticker ini.