Cukup banyak produsen mesin cetak offset dunia ini, baik itu berupa mesin cetak offset lembaran (shetfed offset press), maupun mesin cetak offset gulungan (webfed offset press), dimana tentunya sudah tidak kita diragukan lagi bagaimana besarnya sumbangsih mereka terhadap dunia percetakan / grafika dunia. Di halaman ini kami pun akan sedikit mengulasnya, walaupun tidak mungkin semua produsennya kami ulas di sini, tetapi semoga saja beberapa daftar produsen mesin cetak offset dunia berikut akan menambah wawasan kita terhadap mesin-mesin percetakan khususnya, dan dunia kegrafikaan pada umumnya.

Produsen Mesin Cetak Offet Lembaran

Heidelberg – Perusahaan percetakan Jerman yang mendominasi hampir setengah dari pasar pencetakan dunia. Memproduksi peralatan pra-cetak (pre-press), mesin cetak (press) dan peralatan purna cetak (postpress) untuk rentang yang sangat luas dari kebutuhan-kebutuhan pencetakan. Perusahaan ini berlokasi di Heidelberg, Jerman.

Heidelberg GTO 52 2 Color

Mesin Heidelberg GTO 52-2 Warna. Salah Satu Model Mesin Cetak Offset Lembaran Yang Diproduksi Heidelberg.

Koenig & Bauer – Perusahaan percetakan Jerman yang berkantor pusat di W├╝rzburg, Jerman. Produsen mesin cetak lembaran dan merupakan produsen mesin cetak offset tertua di dunia.

KBA Rapida 105 8 Colour

KBA Rapida 105 8 Warna. Salah Satu Model Mesin Cetak Offset Lembaran Yang Diproduksi Koenig & Bauer.

Manroland – Perusahaan yang telah memngalami kebangkrutan ini merupakan produsen mesin cetak terbesar kedua di dunia. Perusahaan ini berbasis di Offenbach am Main.

MAN Roland 700 Press

Roland 700. Salah Satu Model Mesin Cetak Offset Lembaran Yang Diproduksi Manroland.

Goss International – Untuk sementara perusahaan ini lebih dominan di pasar mesin cetak gulungan (web), namun tak ketinggalan juga memproduksi mesin cetak offset lembaran.

Goss M-600 Folia Press

Goss M-600 Folia Press. Salah Satu Model Mesin Cetak Offset Lembaran Yang Diproduksi Goss International.

Presstek – Menghasilkan duplikator dan konvensi dua warna mesin cetak offset. Mengakuisisi aset AB Dick pada tahun 2004 dan terus memproduksi mesin cetak di bawah nama tersebut. Terletak di New Hampshire, Amerika Serikat.

Presstek 52DI Digital Offset Press

Presstek 52DI. Salah Satu Model Mesin Cetak Offset Digital Lembaran Yang Diproduksi Presstek.

Nebiolo Printech – Selain sebagai produsen mesin cetak lembaran, Nebiolo Printech juga memproduksi kertas. Pasar utamanya ialah Italia, dan berkantor pusat di San Mauro Torinese, Italia.

Komori – Produsen mesin cetak keempat terbesar di dunia yang berbasis di Jepang, dan menghasilkan beragam mesin cetak offset lembaran.

Ryobi Group – Menghasilkan berbagai mesin cetak lembaran. Ryobi Group berbasis di Tokyo, Jepang.

Xerox – Meskipun tidak fokus pada sisi cetak offset, Xerox menawarkan berbagai mesin cetak digital lembaran. Merupakan perusahaan dunia yang berkantor pusat di setiap benua.

Quanzhou Xin Hengyuan Company – Memiliki model-model mesin cetak lembaran yang berbeda satu sampai dengan empat warna, dan berbasis di Cina.

Weifang Yongcheng Machinery Company – Sebuah produsen mesin cetak offset, meskipun fokus utamanya lebih kepada proses fleksografi. Berbasis di Kota Weifang, Cina.

Zhejiang Haoly Company – Memproduksi satu model dari mesin cetak lembaran satu warna. Berasal dari Shanghai, Cina.

Produsen Mesin Cetak Offset Web

Manroland – Produsen mesin cetak koran / surat kabar terbesar di dunia. Divisi mesin cetak web di Augsburg dibeli oleh Grup Possehi pada Januari, 2012 setelah mengalami proses kebangkrutan. Berbasis di Augsburg, Jerman.

Muller Martini – Meskipun tidak besar seperti produsen mesin cetak offset web yang lain, namun memiliki beberapa produk yang bersaing dengan baik. Perusahaan ini berbasis di Maulburg, Jerman.

Goss International – Menghasilkan berbagai mesin cetak web dan merupakan pemain yang mendominasi dunia untuk segmen pasar ini. Pesaing utamanya adalah Manroland. Goss Internasional berbasis di Durham, Amerika Serikat.

Nebiolo Printech – Memproduksi mesin cetak web dengan jumlah yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan perusahaan yang lain, dan terutama melayani pasar percetakan di Italia. Perusahaan ini berbasis di Mauro Torinese, Italia.

Demikian sekilas tentang produsen mesin cetak offset dunia. Semoga ulasan mengenainya bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda para pembacanya.