Bisnis percetakan memerlukan beberapa jenis peralatan khusus, dan dapat dioperasikan sebagai bisnis rumahan, toko atau internet. Bisnis percetakan target pasarnya bisa lebih spesifik dan memenuhi kebutuhan yang berbeda. Jenis usaha percetakan meliputi pencetakan spanduk/baliho, sablon kaos, pencetakan kartu nama, brosur, dokumen, surat suara pemilu, dll. Mengetahui jenis pencetakan apa yang Anda ingin mengkhususkan diri di dalamnya, dan merencanakannya sesuai tujuan.

Mungkin investasi yang paling penting untuk mulai membuka bisnis percetakan Anda adalah printer. Jenis pencetakan mana yang Anda berencana untuk menggarapnya akan menentukan jenis printer yang Anda butuhkan. Pada dasarnya alat pencetak dibagi menjadi inkjet, laser, sablon dan offset. Jika Anda ingin mencetak spanduk/baliho, yang lebih tepat bagi Anda mungkin mesin cetak digital printing ukuran besar. Jika Anda ingin mencetak kartu nama, mungkin lebih baik untuk memilih printer laser atau inkjet ukuran kecil, maupun alat sablon. Sementara untuk mesin cetak offset, maka akan menurunkan biaya produksi, jika Anda akan mencetak sejumlah besar dokumen yang berkualitas tinggi. Seperangkat alat sablon diperlukan jika Anda berencana untuk mengerjakan cetakan di atas kain, seperti kemeja atau kaos.

Perangkat Lunak (Software) Aplikasi Desain

Untuk merancang item cetak untuk klien, Anda akan membutuhkan software desain dan komputer yang dapat menjalankannya. Pilihan Anda untuk perangkat lunak dan komputer akan tergantung pada jenis pencetakan yang Anda berniat untuk mengkhususkan diri di dalamnya. Dapat berkisar dari program aplikasi desktop yang sederhana untuk merancang kartu nama, hingga aplikasi desain khusus untuk menggambar grafis. Program mana yang Anda pilih, pastikan komputer Anda dapat menjalankannya dengan lancar. Juga pastikan ia datang dengan berbagai jenis huruf (fonts). Pelanggan mungkin akan memilih font yang mereka sukai, dan untuk itu Anda bisa kehilangan pelanggan jika Anda memiliki pilihan yang terbatas.

Inventarisasi

Anda perlu contoh produk untuk mendukung usaha, apakah itu contoh dokumen, kaos hasil sablon, spanduk, kartu nama, atau bermacam-macam item. Anda harus memiliki cukup persediaan di tangan, dan cukup beragam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya, jika Anda membuka jasa untuk mencetak kartu nama, maka Anda harus memiliki cukup beragam kartu nama dengan beragam bahan untuk memungkinkan pelanggan memilih kualitas dan tekstur yang mereka cari.

Peralatan Potong

Anda tentunya akan butuh alat untuk pemotongan. Jika Anda mencetak kartu nama, maka Anda akan memerlukan pemotong hidrolik atau pisau cutter sederhana untuk memotong kartu, kecuali jika mencetak di atas blanko yang ukuran bahannya sudah jadi. Jika Anda mencetak spanduk, maka Anda akan memerlukan pemotong yang dapat memotong bahan vinil atau fleksi.

Software Akuntansi

Jika Anda menjalankan bisnis dari rumah atau dari kantor, maka Anda perlu untuk melacak penjualan Anda, melacak pengeluaran dan persediaan serta membuat kutipan yang akurat. Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan sebuah program perangkat lunak akuntansi. Jika Anda memilih untuk beroperasi melalui internet, Anda harus memilih perangkat lunak yang dapat mengintegrasikan dengan sebuah situs web, yang memungkinkan Anda untuk mengambil pesanan online.

Apakah hal-hal di atas masih terlalu rumit buat Anda untu saat ini?

Lewati saja semuanya, dan miliki panduan bisnis percetakan tanpa harus punya modal peralatan sama sekali di UsahaPercetakan.Biz