Pameran grafika yang digelar pada tanggal 20 – 23 September 2012 yang lalu dengan mengusung tema PrintPackPublish – All Graphic Expo dan digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta diramaikan oleh berbagai pengusaha grafika dan juga dengan berbagai teknologi cetak diperkenalkan kepada khalayak ramai.

Pameran PrintPackPublish – All Graphic Expo 2012 merupakan pameran bisnis dan teknologi grafika pertama di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. PrintPackPublish menyajikan 3 komponen khusus di bidang Printing (Percetakan), Packaging (Pengemasan) dan Publishing (Penerbitan).

Dalam pameran grafika tersebut banyak ditampilkan berbagai mesin cetak offset seperti Sakurai Oliver serta mesin cetak digital (large format digital printer dan medium format digital printer) seperti Binterjet, Crystaljet, Epson, HP, Konika Minolta, Lysander, Mimaki, dan lain-lain. Walaupun tidak begitu menonjol, terlihat peralatan cetak tekstil hadir juga di sana seperti DTG Freejet oleh Primelite, DTG Anajet Sprint oleh PT SAMAFITRO yang cukup menyedot perhatian banyak pengunjung dengan demonya berupa pencetakan langsung ke atas T-shirt, dan tidak ketinggalan pula Central SPS yang menampilkan rotary screen printingnya berikut contoh-contoh hasil karya mereka, serta All Mac yang menampilkan FLESSO, suatu bahan hiasan reflective textile heat transfer yang tipis dan berkilau untuk merangsang minat dan kreatifitas para pebisnis pakaian.

Pameran Grafika / Pameran Percetakan Jogja 2012

Pameran Percetakan (Grafika) Yogyakarta 2012. Foto: PRINTEX

Selain menampilkan teknologi pendukung bisnis percetakan berikut demo-demonya, dalam pameran Printpack and Publish – All Graphic Expo 2012 di Yogyakarta tersebut juga diadakan berbagai seminar seperti seminar tentang kalkulasi cetak/grafika, komunikasi warna, dan large format digital printing.

Peresmian Pameran Grafika Oleh Sri Paku Alam IX

Pameran grafika Printpack and Publish – All Graphic Expo 2012 diresmikan oleh Sri paku Alam IX selaku wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari pertama pameran yaitu Kamis, 20 September 2012. Dalam sambutannya Sri Paku Alam IX menyampaikan bahwa di era globalisasi suatu teknologi telah menjadi bagian hidup yang penting bagi masyarakat, salah satunya dengan kehadiran teknologi informasi dan grafika (printing). Teknologi grafika seperti percetakan offset dan digital printing serta fotokopi telah dirasakan kehadirannya yang penting bagi pelayanan bidang perkantoran, perekonomian dan lainnya.

Selain wakil gubernur, pameran dilangsungkan selama 4 hari ini dihadiri pula oleh Ketua KADIN Daerah istimewa Yogyakarta, Ketua Umum PPGI Pusat, Ketua DPD PPGI Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) menyelenggarakan juga Musda dan rakernas untuk pemilihan pengurus yang baru.

All Graphic Expo 2012 dengan tema The First Printing-Packaging-and-Publishing Expo di Yogyakarta ini bisa jadi merupakan suatu trend yang sedang terjadi di kalangan para pengusaha percetakan (grafika) yang telah mulai memiliki dan menggabungkan beberapa teknologi cetak dalam satu unit bisnisnya untuk melayani tuntutan dari pelanggan yang kian hari kian meningkat.

Acara pameran grafika PrintpackPublish – All Graphic Expo 2012 ini diselenggarakan dan diorganisir oleh MISTY Communications, Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) yang bekerjasama dengan DPD PPGI DIY, KOPI Grafika, Printpack, IndonesiaPrintMedia, PRINTEX, dan sebagainya, dengan target pengunjung nasional seperti dari DIY sendiri, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan dari seluruh penjuru Tanah Air.