Masalah:

Seseorang bertanya ke pengasuh Graphic Solution di majalah Graphic Mart mengenai mesin label miliknya yang bermasalah. Pertanyaannya:

Salam kenal pak,
Kami baru saja membeli mesin cetak stiker label merk FSK – Lintec letter press, yang dilengkapi juga dengan unit laminating dan pond. Rencananya kami hendak mencetak order sticker-label (dalam bentuk gulungan) yang selama ini kami sub ke percetakan label lainnya.

Dikarenakan operator kami belum terlatih dan minimnya informasi tentang tehnik cetak letter press / pengoperasian mesin tersebut, kami mengalami masalah-masalah sebagai berikut:

  1. Cetakan tidak register
  2. Warna cetakan lembar ke 1, 3, 5, dst. berbeda (lebih gelap) daripada cetakan lembar ke 2, 4, 6, dst.
  3. Hasil pond tidak register
  4. Tolong informasikan perusahaan yang bisa memberi training tentang pengoperasian mesin ini.

Demikian masalah yang kami hadapi, besar harapan kami agar bapak dapat membantu menyelesaikannya.

Bpk. Peter – Bintaro

Solusi / Jawaban:

Salam kenal juga pak,
Untuk memudahkan penjelasannya, berikut kami lampirkan gambar dan nama-nama bagian dari mesin label FSK.

Mesin Label FSK - Lintec Letter Press

Mesin Label FSK – Lintec Letter Press

1. Cetakan kurang register

  • Pastikan klise / toyobo sudah tertempel di mesin dengan kuat. Gunakan double tape khusus, sehingga pada saat impression toyobo tidak bergerak.
  • Impression / persinggungan yang berlebihan dapat membuat toyobo menjadi melar.
  • Posisi kertas dari unit unwind / input sampai dengan delivery / output harus dibuat lurus dengan mengatur side guide kertas yang sudah disediakan di mesin tersebut. Jika posisi kertas tidak lurus, maka jalannya kertas menjadi labil, sehingga cetakan menjadi tidak register.
  • Tension / tegangan kertas harus dibuat sestabil mungkin sehingga pada saat kertas ditarik oleh silinder drive / silinder penarik, kertas dapat bergerak dengan leluasa. Penyetelan ini dilakukan dengan mengatur jumlah pemberat yang terdapat pada unit unwind / input.
  • Posisi silinder drive / silinder penarik:
    • Setelah jarak tarikan kertas ditentukan, as pengatur jarak tarikan silinder harus dikunci dengan kuat.
    • Oneway bearing (bearing 1 arah) yang terdapat di dalam silinder harus berada dalam kondisi yang baik.
      Putar silinder tersebut secara manual maju dan mundur beberapa kali, oneway bearing yang masih berfungsi dengan baik membuat silinder tidak dapat bergerak mundur.

2. Warna cetakan lembar ke 1, 3, 5, dst. berbeda (lebih gelap) daripada cetakan lembar ke 2, 4, 6, dst.

  • Proses pemberian tinta pada toyobo di mesin label FSK dilakukan secara bergantian oleh 2 set rol form tinta yang berbeda, sehingga ketebalan tinta / warna yang dicetak sangat bergantung pada kesamaan diameter dan nip dari masing-masing rol tersebut.
  • Pastikan juga bahwa diameter dan nip dari masing-masing roda yang terletak di ujung as roll ink form dan bersinggungan dengan bearer silinder cetak sudah sama.

3. Hasil pond tidak register

  • Pisau pond yang tumpul akan membuat unit press bekerja terlalu berat saat menekan pisau, sehingga membuat gerakan unit press menjadi tidak stabil.
  • Meja atas (tempat memasang pisau pond) harus dipastikan sudah terpasang dan terkunci dengan baik, sehingga pada saat pisau turun dan menekan kertas / meja bawah (tatakan pisau), pisau tidak bergerak.
  • Bearing pada cam pengatur gerakan naik-turun unit press harus dalam kondisi yang baik, jika tidak.. daya tekan unit press akan berubah-ubah.

4. Mengenai jasa cetak training operator mesin label, silahkan bapak tanyakan langsung kepada supplier mesin label sejenis, yaitu:

  • CV Bintang Abadi Sejahtera
    Telp. (021) – 5659973

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

– Redaksi Graphic Solution –

Sumber: Graphic Mart – Indonesian Directory to Graphic Supplies, Printing, and Machineries.