Jika Anda seorang yang bertipe kreatif dan artistik, Anda dapat memulai bisnis sablon dan menggunakan bakat Anda dalam stensil, layar filler dan emulsi fotografi untuk menciptakan desain yang unik untuk pencetakan pada kaos (t-shirt), topi, dan barang-barang menyenangkan lainnya. Pelanggan akan menikmati memakai item yang dihiasi dengan satu model desain atau desain edisi terbatas (limited edition). Imajinasi, kreativitas dan perhatian terhadap detail adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk yNG berkualitas dan membangun bisnis yang bisa bertahan lama serta menguntungkan.

Langkah Pertama

Buat desain untuk bisnis sablon Anda. Pembelian perangkat lunak pembuat desain atau gambar tangan dan memindahkan desain Anda sendiri ke komputer dengan menggunakan scanner. Pilih barang-barang seperti kaos (t-shirt), topi, kaus, dan handuk, untuk mencetak desain pada.

Langkah Kedua

Bikin sebuah studio di rumah Anda atau dapat juga menyewa kantor komersial atau ruang studio. Ciptakan ruang yang cukup besar agar dapat bekerja dengan nyaman di sekitar peralatan sablon seperti mesin press kaos dan screen sablon, printer dtg (direct-to-garmen), peralatan emulsi foto, rak untuk pengeringan dan pengering conveyor. Membeli item kosong untuk pencetakan dan perlengkapan lain seperti tinta dan kuas.

Langkah Ketiga

Daftarkan bisnis Anda pada kantor panitera kabupaten untuk membentuk kepemilikan tunggal atau dengan dinas perdagangan, perindustrian, atau semacamnya untuk membentuk kemitraan, perseroan terbatas atau korporasi, serta perhatikan juga tentang pendaftaran hak merk atau hak kekayaan intelektual.

Langkah Keempat

Membuat website untuk menampilkan item yang menampilkan desain Anda. Sertakan foto, deskripsi singkat, harga, ukuran pakaian dari setiap item, kebijakan dan informasi kontak. Buka rekening bank untuk menerima pembayaran melalui transfer secara online. Jika menawarkan layanan kustom desain, buat rentang harga secara garis besar, waktu yang diharapkan penyelesaian dan pembatasan desain, termasuk duplikasi logo tim olahraga profesional atau logo bisnis berlisensi, kecuali jika Anda telah memiliki lisensi untuk mereproduksi item yang dilindungi oleh hukum negara. Memperoleh hak lisensi untuk mencetak logo perguruan tinggi dan logo tim olahraga profesional dengan menghubungi humasnya.

Langkah Kelima

Menjual barang-barang di pameran seni, pasar murah, pameran dagang, dan acara lokal lainnya. Membagikan selebaran, kartu nama, dan materi promosi lainnya yang mencakup alamat website Anda, nomor telepon bisnis, dan informasi pemenuhan pesanan lainnya.

Selamat memulai bisnis sablon dan tampilkan desain unik milik Anda !