Masalah:

Kali ini yang berkonsultasi ke redaksi Graphic Solution adalah seorang Ibu yang mempunyai masalah dengan hasil cetak mesin Oliver 58 miliknya. Berikut permasalahannya:

Dengan hormat,
Kami sudah lama berbisnis cetak digital, baru-baru ini kami memulai bisnis cetak offset dengan menggunakan 1 unit mesin offset Oliver 58 yang roll airnya pakai handuk (new moll).

Permasalahan kami, mengapa cetakan kami sering kotor (ada bercak tinta di bagian yang seharusnya bersih)? Menurut operator kami hal tersebut terjadi karena pelatnya kekurangan air. Apakah benar begitu? karena sebagai orang awam, kami lihat air yang ada di rollnya sudah banjir / berlebihan. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Ibu Benny – Warung Buncit

Solusi / Jawaban:

Salam kenal Ibu Benny,
Seperti analisa yang telah dikemukakan oleh operator Ibu, problem ini memang disebabkan oleh plat yang kekurangan air (pada area yang tidak ada gambar atau non image area). Namun penyebabnya bukanlah penyetelan suplai air yang terlalu minim, akan tetapi disebabkan oleh penyetelan tekanan / singgungan antar rol-rol air dan rol air ke plat yang terlalu ketat / kuat.

Nip Mesin Cetak Offset Oliver 58

Hal tersebut mengakibatkan air yang telah diserap oleh roll seperti diperas keluar lagi, dan air tersebut menggenang di sepanjang permukaan rol osilating (seperti kesan banjir yang Ibu lihat). Akibatnya pelat hanya basah pada saat awal mesin Oliver 58 beroperasi, dan secara bertahap akan semakin kekurangan air sehingga membuat cetakan semakin kotor, dikarenakan area (pada plat) yang seharusnya menyerap air dan menolak tinta (non image area) menjadi menerima tinta.

Keadaan akan bertambah buruk jika operator malah memperbesar suplai air dan apabila image /atau gambar yang sedang dicetak adalah diapositif / negatif.

Untuk perbaikannya kurangi tekanan / singgungan antar rol-rol air hingga *nip antar rol / rol ke pelat hanya sebesar kurang lebih 4 m/m (lihat gambar).

*Nip adalah lebar permukaan roll / silinder yang bersinggungan dengan roll / silinder lainnya.

Selamat mencoba, semoga bisnis yang Ibu rintis ini dapat berkembang.

– Redaksi Graphic Solution –

Sumber: Graphic Mart – Indonesian Directory to Graphic Supplies, Printing, and Machineries.