Cara membuat stiker timbul secara teori sangat mudah, tetapi pada prakteknya mungkin tidak semudah teorinya, karena untuk mencapai bentuk yang sempurna, bisa jadi Anda harus melakukan beberapa kali percobaan. Namun hal ini jangan sampai membuat Anda menghentikan langkah, karena bisa jadi bisnis pembuatan sticker timbul ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda di samping bisnis-bisnis berbagai produk percetakan lainnya yang telah terlebih dulu Anda miliki.

Stiker timbul atau yang biasa disebut dengan dome sticker atau castic sticker ini, yang karena efek tiga dimensi (3D) berupa lapisan bening timbul (cembung) di atasnya, terlihat lebih ekslusif jika dibandingkan dengan stiker-stiker biasa yang hanya memiliki bentuk dua dimensi (2D). Hal inilah yang merupakan nilai tambah tersendiri guna menyiasati persaingan usaha dalam bidang lain yang semakin ketat saja.

Sebenarnya semua jenis sticker dua dimensi yang umum kita jumpai bisa ditambahi dengan efek timbul ini sepanjang sticker-sticker tersebut memungkinkan untuk diberi lapisan (coating) dengan resin khusus berwarna bening. Jadi bukan gambar atau tulisan di setickernya yang timbul, tetapi lapisannya. Namun karena efek optik yang dimiliki lapisan tersebut, maka terlihat seolah-olah gambar dan tulisanlah yang berbentuk tiga dimensi.

Cara Membuat Stiker Timbul

Bagaimana Cara Membuat Stiker Timbul Sendiri?

Untuk membuat stiker timbul sendiri, bahan utama yang perlu Anda persiapkan ialah resin. Bahan tersebut bisa didapatkan di toko-toko yang menjual bahan-bahan kimia yang lokasinya berdekatan dengan tempat Anda. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua resin yang berada di pasaran bisa digunakan untuk keperluan melapisi sticker, karena jika sampai salah membeli, bisa jadi Anda akan merasa kecewa dengan hasil yang akan Anda dapatkan, seperti warna lapisan yang kusam dan mudah patah misalnya, yang terjadi akibat resin yang dibeli hanya cocok untuk melapisi material khusus seperti logam dan kayu, bukan untuk stiker.

Resin yang baik untuk digunakan melapisi sticker adalah resin yang mempunyai daya tahan yang kuat serta ketahanan cukup lama (biasanya hingga 3 tahun). Resin tersebut berguna untuk keperluan indoor maupun outdoor, dan juga berguna untuk melapisi permukaan sticker yang kaku (rigid) maupun permukaan lentur (elastic). Diantara merk yang biasa digunakan adalah Super Dome dari Italia, dan merk lokal yang bahan bakunya diimport dari Amerika Serikat, yaitu DomeStik yang juga dijual secara online.

Resin yang telah dibeli bukanlah produk jadi yang siap pakai, akan tetapi perlu diproses terlebih dulu dengan cara mencampurkannya dengan hardener yang berfungsi untuk mengeraskan resin. Pencampurannya harus benar-benar merata dan dilakukan dengan teliti, karena jika tidak, maka biasanya akan muncul banyak gelembung yang tidak dikehendaki, sehingga akan mengurangi kualitas pada hasil akhirnya.

Beberapa Persiapan dan Langkah Pengaplikasian Resin Terhadap Stiker

Persiapkan bahan-bahan dan alat-alat berikut:

  • Resin dan hardener (katalis)
  • Wadah seperti gelas plastik air mineral, atau gelas biasa.
  • Suntikan dengan volume minimal 60 cc, atau alat lain (untuk menuangkan resin).
  • Mixer, lidi, stik es krim, atau alat serupa untuk mengaduk.
  • Meja datar yang dilapisi alas berpori seperti kasa strimin atau kain keras busa.
  • Waterpass untuk mengecek kedataran meja.
  • Bahan stiker atau sticker 2 dimensi yang sudah jadi.
  • Oven berukuran minimal¬† 25 x 40 cm atau lampu infra merah berdaya 150 W atau 300 W (bila diperlukan)

Langkah-langkah / cara membuat sticker timbul:

  • Cetak gambar pada bahan sticker, kemudian potong/cutting cetakan yang sudah jadi.
  • Campurkan resin dan hardener secukupnya dengan rasio 2:1.
  • Aduklah hingga merata dengan waktu kurang lebih selama 5 sampai 7 menit.
  • Diamkan beberapa saat untuk menunggu hilangnya gelembung-gelembung kecil akibat adukan.
  • Cek permukaan meja dengan waterpass hingga dipastikan benar-benar datar supaya cairan tidak meluber (kalaupun meluber, resin akan jatuh ke alas meja berpori).
  • Letakkan stiker yang akan dilapisi (dibuat timbul) di atas meja.
  • Tetes/tuangkan resin di atas permukaan stiker menggunakan jarum suntik atau yang lain. Jangan khawatir cairan akan meluber keluar area, karena cairan akan berhenti pada batas (ujung) area stiker akibat adanya beda ketinggian antara lapisan stiker dan meja.
  • Bila terlihat masih ada gelembung, tusuklah pakai jarum kecil atau sulut gelembung tersebut menggunakan korek gas.
  • Agar tidak terkena kotoran akibat debu yang beterbangan, maka tutuplah stiker yang sudah dituangi resin tersebut dengan penutup yang bersih.
  • Lakukan pengeringan sekitar 15 jam. Untuk mempercepat¬† pengeringan bisa dengan cara memasukkannya ke dalam oven selama kurang lebih 5 jam (dengan suhu yang tidak merusak sticker), atau bisa memakai lampu infra merah berdaya 150 W hingga 300 W selama kurang lebih 1 sampai dengan 3 jam.

Demikianlah cara membuat stiker timbul sendiri, sangat mudah dan sederhana. Namun kami katakan sekali lagi, bahwa pada prakteknya belum tentu semudah teorinya. Diperlukan percobaan, ketelitian, kesabaran, serta insting yang kuat. Tapi jangan khawatir, karena kami yakin.. Anda PASTI BISA!