Bahan / obat afdruk screen sablon ini merupakan jenis bahan yang peka cahaya. Bahan-bahan afdruk sablon ini terdiri dari:

A. Gelatin Bichromate

Obat afdruk ini adalah hasil campuran antara bubuk gelatine dengan kalium bichromate (bahan utama), kemudian ditambah lagi dengan bahan lain seperti Citrunzur dan Amoniak liquida yang selanjutnya dilarutkan dengan air panas.

B. Chrom Gelatine

Jenis obat afdruk chrom gelatine biasa dijual dalam keadaan jadi. Daya reaksi terhadap sinar lebih cepat jika dibanding dengan gelatine bichromate, dan kebutuhan penyinaran untuk pemindahan gambarnya lebih singkat. Adapun campurannya adalah 10 gram chrom gelatine dicampur dengan 40 gram air panas.

C. Chromatine

Obat pembangkit jenis chromatine memiliki kepekaan terhadap sinar sangat tinggi (perubahan lapisan chromatine pada waktu penyinaran lebih cepat). Merupakan bubuk berwarna Putih kekuning-kuningan. Larutan chromatine mudah membeku (jika larutan dalam keadaan dingin). Untuk mengembalikan keadaan semula, larutan yang telah membeku dipanaskan kembali (mencair kembali). Ketiga bahan tersebut diatas (A – C) semuanya berbentuk serbuk.

D. Ulano

Bahan peka cahaya Ulano adalah obat afdruk dalam bentuk pasta yang siap pakai. Bahan peka cahaya Ulano dibuat Bahan Afdruk Screen Sablon Ulano TZkhusus untuk melapisi screen dengan daya tahan tinggi terhadap pengaruh gesekan rakel, cuaca dan bahan pencampur tinta baik minyak maupun air. Berdasarkan penggunaannya, bahan peka cahaya Ulano dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

  1. Basis minyak: Ulano 133. Bahan ini merupakan obat afdruk siap pakai dan berwarna kuning, memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tidak mudah terkikis oleh bahan cat atau tinta yang campurannya mempergunakan bahan minyak seperti M3, M4 Terpin, Bensin maupun minyak tanah.
  2. Ulano TZ – TZD. Seperti halnya Ulano 133, Ulano TZ juga merupakan bahan afdruk yang paling baik dibandingkan dengan bahan peka cahaya sejenis, dan khusus dipergunakan untuk melapisi screen basis air memiliki daya tahan yang kuat serta tidak mudah terkikis oleh bahan cat/tinta berbasis air, seperti tekstil color, pigmen, printing paste dan semua bahan cetak yang mengandung air. Ulano TZ dibuat khusus untuk screen untuk mencetak kaos sprei, spanduk, batik dan jenis bahan lainnya. Untuk menghasilkan gambar raster halus sampai kepadatan 80% dapat dihasilkan dengan baik tanpa bahan khusus.

E. Bahan Peka Superxol

Bahan peka superxol juga merupakan bahan yang siap pakai karena tidak memerlukan air panas lagi untuk mengencerkan, tetapi cukup dicampur dengan bahan sensistizer (cairan yang membuat emulsi menjadi peka terhadap sinar utra violet). Dijual dalam botol ukuran ¼ kilogram dan terdiri dari 2 bagian, yaitu Emulsion dan sensitizer. Bahan ini dikeluarkan dalam 2 fungsi yaitu:

  1. Bahan Peka Cahaya SUPERXOL 188. Merupakan bahan peka cahaya yang sangat efisien berbentuk pasta dan siap pakai. Bahan ini sangat baik digunakan untuk mencetak dengan tinta basis minyak, dibuat khusus untuk melapisi screen nomer T 120 – T 200 / 200 S.
  2. Superxol TX. Merupakan bahan peka cahaya khusus dibuat untuk melapisi screen untuk cetak TEXTILE SCREEN EMULSION dengan nomor screen T90 – T32.

F. Diema

Bahan peka cahaya diema dibuat khusus untuk melapisi permukaan screen basis minyak dan basis air dengan kualitas yang tidak berbeda jauh dari ulano atau superxol. Sebagaimana bahan peka cahaya bentuk pasta yang lainnya, diema juga dilengkapi dengan diema basis minyak dan diema tekstile yang keduanya mempunyai kemampuan cetak tinggi apabila digunakan pada alat screen yang sesuai fungsinya. Bahan ini terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  1. Diema basis minyak
  2. Diema Textile

G. Diasol

Bahan peka cahaya ini tidak berbeda jauh dengan bahan peka pasta lainnya yang terdiri dari 1 (satu) bagian campuran yaitu campuran antara:

  • Polyninge Alcohol (berbentuk bubuk putih halus) OZ, air 10 – 11 OZ.
  • Potassin Bichromate atau Amninocan Bichromate ¼ OZ.

Bahan Penguat (Pelindung Lapisan Screen)

Yang dimaksud dengan bahan penguat ialah cairan yang berfungsi sebagai pelindung lapisan obat afdruk pada screen (dalam hal ini screen sheet). Dengan dibubuhinya obat penguat maka lapisan chrom tidak mudah aus oleh gesekan rakel (tidak mudah terpengaruh oleh sentuhan cat kain). Misalnya, sebuah gambar yang telah dijadikan screen sheet berdasarkan pengafdrukan menjadi lebih kuat setelah diberi lapisan oleh bahan penguat. Dengan demikian maka ketahanan screen sheet terjamin dan mampu mencetak dalam jumlah banyak.

Jenis bahan penguat ada beberapa macam, namun tidak seluruhnya sama kekuatannya. Penguat yang umum digunakan sehubungan dengan kebutuhan sablon ialah:

  1. Vernis Sintetis
  2. Screen Lack
  3. Retusir Lack
  4. Ulano 6 (Screen Filter)
  5. Ulano 5/Catalist
  6. Harte Mittel T.

Demikian pengenalan tentang bahan / obat afdruk screen sablon berikut bahan penguat atau pelindung lapisan screennya. Semoga berguna dan bermanfaat..

Sumber: Mencetak dengan Teknik Cetak Saring/Sablon.
Penyusun:
Ahmad Yani, Editor: Suryanto
Penerbit: Direktorat pendidikan menengah kejuruan. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah. Departemen pendidikan nasional – Tahun 2004