Pencetakan brosur dapat dengan mudah untuk dilakukan jika Anda terlebih dulu mengenali apa yang menjadi kebutuhan Anda serta memiliki anggaran yang jelas. Apakah brosur tersebut itu adalah merupakan daftar harga real estate, sebuah acara hand-out perdagangan, lembaran data, atau aplikasi lainnya, yang jelas brosur adalah sebuah alat promosi yang cukup penting dan sangat dibutuhkan.

Mulailah dengan memperhatikan tata letak yang mencakup teks dan gambar yang diperlukan untuk menyampaikan pesan Anda. Kemudian pilihlah jenis cetakan yang paling sesuai untuk brosur Anda. Brosur pada umumnya dicetak  menggunakan lebih dari satu warna.

Proses Percetakan yang Digunakan Untuk Pencetakan Brosur

Ada dua pilihan dasar dalam pencetakan brosur, yakni percetakan offset dan digital printing. Kedua proses pencetakan ini mampu menghasilkan sejumlah besar dokumen yang memiliki kualitas yang tinggi. Cetakan yang berkualitas tinggi dan penuh warna bisa dilakukan pada mesin cetak offset yang menggunakan proses empat warna. Proses cetak offset adalah proses dimana tinta tersebar pada pelat logam dengan gambar tergores, yang kemudian ditransfer ke permukaan perantara, dan lalu kemudian diterapkan pada kertas dengan menekan kertas melalui permukaan perantara tersebut. Meskipun biayacetak minimal bisa relatif tinggi, namun pencetakan menggunakan proses cetak ini sebenarnya terbilang murah seandainya dokumen yang dikerjakan dengan proses ini berjumlah banyak.

Contoh Gambar Brosur Makanan

Contoh Gambar Brosur Makanan

Pencetakan dengan proses digital printing menggunakan sinar laser untuk menghasilkan gambar. Hal ini juga merupakan cara yang mirip dengan cara kerja mesin fotokopi. Cetak offset biasanya menghasilkan gambar yang lebih jelas daripada  hasil cetak digital printing. Namun, pekerjaan pencetakan dengan jumlah yang sedikit dapat dilakukan pada dengan cetak digital yang menggunakan laser, bahkan bila perlu cukup dengan inkjet printer, sehingga dapat menghemat biaya.

Memilih jenis kertas yang digunakan merupakan aspek lainnya yang tidak kalah penting dari pencetakan brosur. Untuk proses offset biasanya menggunakan bahan dari kertas Art Paper, dan kebanyakan printer akan merekomendasikan Glossy Paper untuk mencapai hasil cetakan yang lebih hidup dan terkesan berkelas.

Bentuk lipatan brosur juga merupakan hal penting lainnya yang perlu untuk dipertimbangan. Pilihan dasar lipatan meliputi: setengah, satu lipatan, tri fold (flaps kiri dan kanan terbuka), lipatan dobel paralel, lipatan Z, lipatan akordeon, dan lain-lain.

Pencetakan brosur dapat dengan mudah dilakukan dan juga menyenangkan, serta memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri. Jadi, apa yang Anda tunggu? Lakukan bisnis dan pekerjaan Anda, cetak brosur itu!