Konika Minolta Nassenger PRO 1000 merupakan mesin printing kain (tekstile) keluaran baru dari Konika Minolta. Mesin printer kain ini diklaim sebagai mesin cetak kain digital tercepat di dunia yang ada saat ini, dengan kecepatan cetak hingga 1000 m²/jam (540 x 360 dpi).

Printer tekstil digital ini dilengkapi dengan sensor nozzle dan sensor floating-fabric terbaru yang memungkinkan konsistensi produk walaupun di saat melakukan pencetakan pada kecepatan tinggi. Sistem pemeliharaan head otomatis head yang unik untuk Konica Minolta diadopsi untuk melakukan proses produksi cetak yang stabil. Sistem ini secara teratur memeriksa status nozzle head supaya kualitas cetakan stabil, produksi tidak terganggu, serta membantu meminimalkan biaya tenaga kerja dengan adanya otomatisasi. Selain itu, sistem dilengkapi dengan fungsi pemeliharaan jarak jauh yang memungkinkan untuk melakukan tugas pemeliharaan seperti: perangkat diagnostik dan operasi remote melalui jaringan.

Nassenger Pro 1000 Mesin Printing Kain

Sedangkan untuk menjawab kebutuhan cetak kaya warna yang diperlukan oleh tekstil printer, maka Konika Minolta Nassenger PRO 1000 memiliki kemampuan mencetak hingga 9 warna yang menggunakan tinta berbasis air (water based) Konica Minolta dengan densitas tinggi. Teknologi ini pun diklaim Konica sebagai yang pertama di dunia. Tinta ini setelah melalui berbagai pengujian terbukti aman digunakan serta aman terhadap tubuh manusia. Kelebihan lain dari tinta Konica ini adalah ketahanannya terhadap pencucian dan gesekan berulang atau abrasi.  Teknologi cetak Konica Minolta yang ramah lingkungan ini sangat cocok utuk mencetak berbagai produk dari kain.

Dilengkapi pula dengan sistem pasokan tinta kapasitas besar baru untuk meningkatkan produktivitas dan bekerja kinerja. Dua 20 L tinta tanks diatur untuk masing-masing warna, satu di atas dan bawah, menyediakan total 40 L tinta untuk tugas-tugas pencetakan yang diperpanjang.

Konika Minolta seri Nassenger PRO memiliki panel operasi baru yang dirancang dengan fitur layar sentuh untuk meningkatkan kinerja kerja. Solusi pencocokan warna telah diperkuat untuk memungkinkan penggunaan Nassenger PRO seri untuk semua proses. Nassenger PRO 1000 dapat digunakan sebagai mesin produksi dengan Nassenger PRO 60 sebagai proofer.

Sistem percetakan inkjet tekstil mewakili metode global-ramah lingkungan percetakan. Dibandingkan dengan mesin cetak kain tradisional (screen printing), mesin cetak tekstil inkjet lebih hemat konsumsi daya listrik, hemat konsumsi air, penurunan limbah yang signifikan dan mengeluarkan emisi CO2 yang lebih sedikit.