PT MIMAKI Indonesia sebagai kantor perwakilan MIMAKI Engineering Co., LTD secara resmi dibuka pada tanggal 28 Mei 2012 dan berlokasi di kawasan  Sunter, Jakarta Utara di atas lahan seluas  lebih dari 1500m2. Kehadirannya di Indonesia mempunyai maksud agar lebih dekat dengan masyarakat textile printing di Indonesia. Pengenalan produk-produk Mimaki melalui road-show ke seluruh penjuru Nusantara menjadi hal yang sangat penting dalam agenda mereka.

MIMAKI Engineering Co., LTD yang merupakan produsen mesin printer terbesar di Jepang memang telah memiliki cabang di berbagai negara  di Eropa dan Asia, dan Indonesia merupakan negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang ditunjuk untuk menjadi salah satu lokasi kantor perwakilannya. Produk MIMAKI sendiri telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2001 dan dipasarkan oleh PT Digital Prima Imaging (Printmate) dan PT. Digital Visual Technology (DVT).

MIMAKI Indonesia

 “MIMAKI tertarik masuk ke Indonesia karena pertumbuhan pasar mesin printer yang sangat tinggi, dan kami optimis akan dapat bersaing karena memiliki tiga poin keunggulan seperti high quality, high speed, serta high stability. Kami juga memberikan pelayanan ke pelanggan 24 Jam selama 7 hari dalam seminggu”, ujar Junichi Yoroisaka, Presiden Direktur PT MIMAKI Indonesia dalam sambutannya di acara peresmian tersebut.

Seminar MIMAKI Indonesia

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan oleh PT Mimaki Indonesia adalah penyelenggaraan Seminar dan Pameran Mimaki Textile Printer di Bandung. Pada tanggal 29 – 30 Agustus 2012, bertempat di Hotel Arille-Bandung. Mimaki sebagai produsen printer tekstil menyapa para insan percetakan tekstil di Bandung dan sekitarnya.

“Mimaki berkomitmen untuk menciptakan mesin printer yang dapat memenuhi tuntutan pasar  akan kualitas, kecepatan produksi, ramah lingkungan, dan yang terpenting harga yang terjangkau sehingga dapat memenuhi profit margin para pengusahanya”, jelas Bapak Idrus Slamet selaku Manager Sales & Marketing Division Mimaki Indonesia.

Mesin digital printing textile MIMAKI TS3-1600 dan MIMAKI TS34-1800A sebagai produk andalannya ditampilkan oleh MIMAKI disamping lini produknya yang lain.

Printer Tekstil MIMAKI TS3-1600

“Sublimation printing dengan MIMAKI printer sanggup menghasilkan warna yang selama ini sulit dicapai dengan printer atau proses lain seperti screen printing”, demikian ungkap Bapak Sucahyo dari PT NusantaraIndoDigital, salah satu distributor MIMAKI di Indonesia. Disamping itu, dapat memotong waktu proses sehingga lebih cepat untuk menghasilkan proof cetak.

Printer MIMAKI TS34-1800A

Seorang desainer makin dituntut lebih kreatif sejalan dengan kemampuan teknologi dari peralatan yang dipakai, termasuk juga berbagai tipe tinta digital printer yang dapat digunakan pada hampir semua jenis bahan dan kain untuk berbagai keperluan seperti bendera, banner, apparel, furniture, swimwear, dan sebagainya, serta dengan spesifikasi dan kegunaan tersendiri seperti tinta acid untuk nylon, tinta reactive untuk jenis kain serat cotton atau linen, disperse untuk jenis polyester dan tinta sublimasi, juga dye based untuk image photography.

Segmen Produk dan Printer MIMAKI Indonesia

Secara umum, MIMAKI memiliki 3 (tiga) segmen produk, yakni:

  1. Desain grafis (sign graphic),
  2. Tekstil (textile Apparel), dan
  3. Produk kerajinan (industrial product).

Untuk ketiga segmen produk tersebut printer-printer MIMAKI yang tersedia adalah:

  1. Desain grafis: SWJ 320 S2/S4 series, JV 400 New Series, JV 33 Series, CJV 30 Series dan Cutting Plotter CG Series.
  2. Teksti: TS 34-1800A, TS3-1600, TS5-1600AMF, TPC-1000 dan APC-130.
  3. Produk kerajinan: UJF-3042FX, UJF-3042HG, dan CF2 Series.

Untuk kepuasan para pelanggannya, maka kantor MIMAKI Indonesia dilengkapi dengan Showroom, Sales Office dan Technical Support. Di sini para pelangan bisa mengkomukasikan berbagai permasalahannya dan juga bisa melihat secara lebih dekat produk-produk yang dijual MIMAKI.