Jika kita berkunjung ke beberapa industri-industri, atau berjalan-jalan ke toko swalayan yang besar terkadang sesekali kita melihat alat pengangkat barang yang umumnya berwarna kuning berada di sebuah gudang atau berlintasan dengan kita di tempat parkir. Bahkan bukan sebagai alat yang hanya berfungsi sebagai pengangkat saja, tetapi berfungsi juga sebagai alat pengangkut barang. Forklift, mungkin itulah salah satu alat pengangkat dan pengangkut barang tersebut yang rupa serta namanya sudah cukup akrab dengan mata dan telinga kita.

Di industri percetakan atau grafika pun alat pengangkat barang tersebut telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan, terutama untuk percetakan-percetakan yang besar seperti percetakan surat kabar, penerbitan buku, dan percetakan lainnya. Gudang-gudang distributor serta supplier bahan atau kertas percetakan besar pun pastilah membutuhkannya.

Tetapi bukan hanya forklift, ada alat-alat pengangkat barang lainnya yang bisa juga dipergunakan di industri percetakan, baik untuk keperluan indoor maupun outdoor atau keduanya. Berikut beberapa alat pengangkat barang atau yang sering disebut juga sebagai alat pemindah barang yang akan GrafikaOnline perkenalkan kepada Anda..

Beberapa Jenis Alat Pengangkat Barang

Alat Pengangkat Barang, Forklift

Forklift

1. Forklift, sangat sesuai untuk keperluan mengangkat dan mengangkut barang di dalam (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Bentuk fisiknya yang kecil mampu untuk bergerak lincah di medan yang luas maupun di medan yang sempit. Forklift ideal untuk keperluan di bidang usaha percetakan, elektronik, retail, tools, tekstil, dan sebagainya.

Alat Pemindah Barang, Picking Truck

Picking Truck

2. Picking Truck, sangat sesuai untuk mengangkat barang bersamaan dengan operatornya, sehingga operator bisa langsung mengalokasikan barang-barang yang diangkat secara satu persatu ke rak-rak yang telah disediakan di lantai yang berada di atasnya. Picking Truck ideal untuk kebutuhan di bidang usaha percetakan, retail, pecah belah, makanan, dan sebagainya.

3. Reach Truck Bale Camp, sangat sesuai untuk mengangkat barang di dalam ruangan (indoor) dengan cara mengepress barang dari atas ke bawah, sehingga barang dapat diangkat dengan lebih aman karena adanya jagaan atas dan bawah yang akan menahan barang agar tetap pada posisinya. Reach Truck Bale Camp ideal untuk keperluan di bidang usaha percetakan, bahan/kertas, packaging, makanan, hasil perkebunan, dan sebagainya.

4. Reach Truck / Forklift Standing Operator, sangat sesuai untuk mengangkat barang di dalam ruangan (indoor), berguna untuk memaksimalkan pemakaian ruang penyimpanan, meminimalkan resiko kebakaran, debu, dan kecelakaan, juga bebas polusi udara dan suara. Reach Truck / Forklift Standing Operator ideal untuk bidang usaha percetakan, pengemasan makanan (higienis), farmasi, kimia, dan lain-lain.

Alat Pengangkut Barang / Pengangkat, Roll Clamp

Roll Clamp

5. Roll Clamp, sangat sesuai untuk mengangkat barang di dalam ruangan (indoor) berupa kertas atau plastik dalam bentuk gulungan (roll), baik untuk posisi tidur maupun berdiri, karena pemegangnya bisa berputar 180 derajat ke kanan atau ke kiri. Roll Clampideal untuk digunakan di industri percetakan web, distributor bahan/krtas, pengemasan/packaging, dan lain-lain.

Demikian beberapa jenis alat pengangkat barang yang bisa kami perkenalkan kepada Anda dimana Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan bila Anda memang membutuhkannya. Peralatan pemindah barang tersebut bisa Anda miliki dengan cara membelinya dalam kondisi yang masih baru maupun kondisi bekas/rekondisi, akan tetapi bilamana Anda belum ada niat untuk membelinya, Anda juga bisa mencari perusahaan-perusahaan yang menyewakan peralatan tersebut.