Usaha percetakan kaos (T-shirt) adalah salah satu bisnis yang peluangnya cukup menguntungkan untuk dimulai dari rumah karena kaos terus menjadi pakaian pilihan yang populer untuk semua kelompok umur. Tim-tim olahraga dan banyak organisasi banyak memakainya untuk digunakan sebagai seragam. Sementara acara-acara reuni, pernikahan dan acara-acara yang di selenggarakan di perusahaan juga ingin logo atau nama mereka dicetak pada kaos sebagai hadiah atau alat promosi mereka. Kualitas tekstil yang digunakan, serta pengerjaan kaos dan ukuran yang tepat, dapat membuat perbedaan dalam upaya untuk mempertahankan pelanggan Anda datang kembali untuk merepeat order. Mencari pemasok kaos yang dapat mempertahankan standar kualitas mereka juga merupakan faktor kunci.

Pendidikan dan Pelatihan

Anda perlu membiasakan diri dengan mesin cetak kaos atau alat sablon agar bisa menghasilkan output yang konsisten, terutama untuk jumlah pesanan yang banyak. Pastikan untuk mempelajari hal ini, mengajukan pertanyaan yang mendukung, mencoba beberapa teknik yang digunakan untuk mencetak beberapa kaos, dan belajar untuk memecahkan masalah. Atau mungkin Anda bisa bekerjasama dengan tukang sablon yang sudah terampil dan berpengalaman jika tidak mau repot-repot mempelajarinya.

Jika Anda ingin sekaligus menawarkan jasa desain, Anda harus mahir dengan desain software yang kompatibel dengan komputer Anda, daftarkan diri pada tempat kursus setting desain grafis singkat yang Anda percayai.

Potensi Penghasilan

Tergantung pada seberapa rendah Anda dapat menjaga biaya produksi dan bagaimana persaingan harga yang ada, Anda bisa mendapatkan sekitar Rp. 20, 30, 50 ribu atau lebih per kaos yang dicetak. Kalikan dengan kuantitas atau jumlah yang dipesan oleh perusahaan, kelompok siswa atau tim sepak bola, dll. dan Anda akan memiliki gambaran kasar tentang berapa banyak Anda dapat membuat keuntungan dalam satu bulan atau tahun. Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi jika mereka pun memanfaatkan keterampilan artistik Anda untuk mendesain pesanan desain khusus yang mereka minta. Jika Anda menawarkan diskon khusus untuk pesanan massal, Anda dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan pemesanan lebih banyak sehingga mereka mendapatkan harga yang lebih murah. Membuka toko online juga dapat memperluas pasar Anda di luar kota Anda, dan Anda dapat menerapkan langkah ini untuk membawa lebih banyak pendapatan.

Niche Market (Ceruk Pasar)

Menemukan ceruk dalam bisnis yang sudah populer memang sedikit rumit. Anda akan bersaing dengan pemain industri yang lebih dulu mapan dan yang memiliki lebih banyak uang untuk berinvestasi dalam pemasaran dan bahan grosiran. Untuk itu, Anda dapat lebih menargetkan pada kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi oleh pesaing Anda tersebut. Anda dapat menawarkan layanan Anda untuk salah satu tujuan berikut: untuk dijual sebagai item bagi penggalangan dana yang dilakukan oleh organisasi amal, sebagai seragam untuk tim olahraga, hadiah perusahaan atau insentif, memorabilia untuk konser lokal dan pertunjukan, dan reuni atau kenang-kenangan pernikahan. Memberikan layanan pelanggan yang baik plus produk-produk berkualitas tinggi akan mengundang loyalitas pelanggan.

Riset Pasar

Karena pasar kaos telah hadir untuk waktu yang begitu lama, Anda harus mengadakan riset pada usaha-usaha yang menyediakan kustom desain yang dicetak untuk target pasar Anda. Sesuaikan standar harga Anda sehingga Anda mampu bersaing dengan mereka para pesaing dan masih dapat menghasilkan keuntungan yang cukup untuk diri sendiri. Bersaing dengan terus mengikuti perkembangan yang terjadi dan desain yang lagi nge-tren untuk mendapatkan ide-ide segar untuk produk kaos Anda. Seperti halnya bisnis lain, mendengarkan dan memperhatikan keinginan pelanggan Anda, akan memungkinkan Anda untuk melayani kebutuhan mereka dengan lebih baik. Kebutuhannya ini bahkan dapat membuka pasar yang baru untuk Anda. Selamat memulai bisnis rumahan Anda, bisnis atau usaha percetakan kaos ! 😉