Software pembuat undangan pernikahan dan software untuk membuat undangan-undangan lainnya seperti undangan khitanan, undangan seminar, undangan ulang tahun, dan sebagainya sama halnya dengan software-software yang digunakan untuk membuat produk percetakan lainnya. Perbedaanya mungkin hanya pada tata letak dan ilustrasi desain yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan undangannya sendiri.

Daftar Software Pembuat Undangan

Banyak ragam software / aplikasi desain grafis yang bisa digunakan oleh seorang desainer atau perancang grafis di industri percetakan (grafika), diantaranya seperti software desain grafis premium (berbayar) berikut:

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Adobe InDesign
  • Adobe Freehand
  • Adobe ImageReady
  • Adobe Page Maker
  • CorelDraw
  • Corel PhotoPaint

Atau bisa juga menggunakan software desain grafis open source (gratisan) yang cukup terkenal berikut:

  • GIMP
  • Inkscape

Juga software-softaware desain grafis lainnya yang tidak mungkin untuk kami tuliskan semuanya di sini.

Dari sekian banyak daftar software desain grafis di atas, masing-masing perancang grafis biasanya mempunyai pilihan atau kesukaan sendiri-sendiri berkenaan dengan software mana saja yang ingin mereka gunakan. Untuk seorang desainer grafis mungkin CorelDraw lebih disukai dalam bekerja mengolah vektor, tetapi untuk desainer lain mungkin Adobe Ilustrator bisa jadi lebih ia disukai.

Software Untuk Membuat UndanganSoftware Pembuat Undangan Yang Paling banyak Digunakan

Adalah hal yang tidak bisa dipungkiri kenyataannya di lapangan industri grafika (setidaknya itu yang banyak di lihat di Bandung), hanya 2 software atau aplikasi desain grafis berikut yang paling banyak diinstal di komputer Windows dan juga paling banyak digunakan, yaitu:

  1. Adobe Photoshop untuk mengolah Bitmap
  2. CorelDraw untuk mengolah vektor

Demikian juga dengan software pembuat undangan, maka Adobe Photoshop dan CorelDraw-lah yang terlihat paling banyak digunakan, dimana pada penggunaannya kedua software berbeda produsen ini terbiasa saling melengkapi satu sama lain.

Sebagai contoh:

Saat bekerja membuat desain kartu undangan pernikahan yang dilengkapi dengan foto-foto pre-wedding, Photoshop bisa dipakai untuk mengolah / mengedit foto-fotonya, sementara untuk naskah undangan berupa tulisan atau kata-kata walimatul ‘ursy, denah lokasi pernikahan, serta penata letakkan foto-foto hasil olahan dari Photoshop tadi bisa dikerjakan dengan CorelDraw.

Jadi jika Anda belum mengetahui software pembuat undangan apa yang paling tepat untuk dijadikan sebagai software desain kartu undangan andalan buat keperluan desain Anda, maka Adobe Photoshop dan CorelDraw bisa menjadi pilihan. Dan seperti alasan yang telah dikemukakan di paragrap pertama, maka produk-produk percetakan lain seperti kartu nama, brosur, buku-buku, spanduk, kop surat, hangtag, kalender, dan produk percetakan lainnya juga bisa didesain menggunakan software yang sama seperti juga pada kartu undangan, yaitu bisa menggunakan Photoshop dan CorelDraw.

Nah, demikian sahabat Grafika. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat buat Anda..