Gamut warna, mungkin kita sering mendengar istilah yang mempunyai nama lain color space atau ruang warna ini. Pengertian dari gamut warna sendiri adalah: “batasan warna yang mampu dihasilkan oleh suatu peralatan atau benda”. Peralatan-peralatan yang bekerja dengan RGB memiliki gamut yang lebih besar daripada peralatan-peralatan yang bekerta dengan CMYK. Sebagai contoh:

Monitor yang bekerja dengan RGB tampilan warnanya akan terlihat lebih cerah jika dibandingkan warna hasil cetakan offset, hal itu terjadi karena monitor yang bekerja dengan RGB mempunyai gamut atau batasan warna yang lebih besar daripada mesin cetak offset yang bekerja dengan CMYK. Sebagai contoh lainnya adalah bisa dilihat pada perbedaan hasil cetak di atas Art Paper yang berbeda dengan hasil cetak di atas kertas koran.

Besar kecilnya gamut dari tiap peralatan (benda) inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa terjadi perbedaan warna antara peralatan/benda yang satu dengan peralatan/benda lainnya.

Gamut Warna / Ruamg Warna (Colorspace)

Colorspace / Ruang Warna

Peralatan lain yang biasa kita gunakan seperti inkjet printer, laser printer, scanner, kamera digital dan sebagainya juga mempunyai gamut atau batasan warna yang berbeda-beda walaupun diantaranya sama-sama bekerja dengan RGB. Itulah sebabnya seringkali kita melihat hasil cetakan printer berbeda dengan yang ada pada monitor komputer, atau mencetak dengan menggunakan printer yang sama akan tetapi hasilnya berbeda apabila kertas print yang digunakannya berbeda.

Untuk melihat dengan jelas besar atau kecilnya gamut warna maka kita bisa menggunakan software Color Management.