Prospek Bisnis percetakan di Tanah Air makin cerah. Kian hari bisnisnya kian berkembang seiring dengan banyaknya variasi produk percetakan yang terus mengalami perkembang pula. Para pelaku yang telah menjalankan bisnis ini pun merasa optimis bahwa bisnisnya akan bisa tumbuh dan berhasil dengan baik walaupun persaingan sudah semakin ketat.

Dengan mengetahui prospek bisnis percetakan tersebut, mungkin kita pun harus mengambil inisiatif untuk memulainya menjadi seorang pebisnis percetakan. Menjadi pemain bahkan menjadi bintang baru di bisnis tersebut dengan harapan supaya kualitas kehidupan kita beserta orang-orang yang berada di sekeliling kita semakin baik.

Ragam Produk Yang menjadi Peluang Bisnis Percetakan

Sangat banyak ragam produk yang bisa dihasilkan dari bisnis ini, yang pastinya di setiap hari pun pandangan mata kita tak pernah luput dari keberadaan produk-produk hasil percetakan ini. Beberapa contoh order produk di bidang percetakan yang bisa kita ambil peluangnya antara lain:

  • Order pembuatan kartu undangan, kartu nama/ID card, member card, kartu pelajar dan kartu mahasiswa, kartu periksa, piagam penghargaan, resep, kwitansi, nota/bon/faktur/surat jalan, dan sebagainya.
  • Order pembuatan spanduk/banner, kaos, perlengkapan produk cetak  pemilu atau caleg,  company profile, memo, label, menu, kop surat, amplop, pamflet/brosur, poster, buku-buku, dan sebagainya.
  • Order pembuatan display perhiasan, display hp, gantungan kunci, kotak amal, neon box, dan lain-lain yang diantaranya dibuat dengan bahan acrylic yang ditambah naskah cetakan di atasnya, dan ini pun bisa kita ambil peluangnya pula, termasuk beberapa barang terkait seperti stempel warna, souvenir atau pernak-pernik pernikahan, dan sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Percetakan

Bisnis Percetakan Undangan, dll. Peluang dan Caranya!

Seorang Pemula Yang Berani Belajar+Langsung Praktek

Untuk memulai bisnis/usaha percetakan, beberapa pengetahuan dasar serta pola pikir (mindset) untuk menjadi seorang pengusaha percetakan yang handal pun harus dimiliki. Pengetahuan dasar plus mindset tersebut meliputi:

  1. Pengetahuan di bidang seni dan desain grafis. Pengetahuan ini penting dimiliki karena berkaitan erat dengan fisik dari produk cetak yang ingin dibuat, plus nilai estetika yang ditambahkan pada produk tersebut sehingga produknya nanti menyenangkan pandangan juga menarik perhatian.
  2. Pengetahuan tentang teknik percetakan seperti: teknik cetak offset, teknik cetak sablon/saring, teknik cetak digital, cetak dalam/rotogravure, teknik cetak tinggi dan lain-lain.
  3. Pengetahuan mengenai pemasaran yang tentunya tak kalah penting, yaitu tentang bagaimana cara kita untuk mendatangkan dan memelihara customer.
  4. Mindset (pola pikir) positif. Sebagai calon pemilik usaha kita harus memusatkan perhatikan terhadap tujuan dari bisnis yang akan kita jalankan, dan sangat penting untuk mengarahkan tujuan-tujuan yang benar-benar realistis terhadapnya. Lalu setelah kita menetapkan tujuan kita sendiri, maka kita perlu berusaha untuk mencapainya, dan sekali kita telah mencapai tujuan kita, maka kita akan tahu bahwa kita telah berada di jalur yang benar. Sebagai pengusaha kita harus memiliki gairah dengan bisnis percetakan yang kita miliki. Kita harus memiliki kepentingan dengan apa yang sedang kita lakukan atau malah kita tidak akan pernah menikmatinya, sehingga hanya menghabiskan waktu yang sangat berharga yang diperlukan oleh bisnis Anda.

Bagi kita yang ingin belajar bisnis percetakan, pengetahuan yang sudah umum dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di bidang percetakan ini  rasanya wajib dimiliki karena merupakan modal utama yang sangat berharga untuk mulai terjun di bisnis ini. Akan tetapi (kecuali mindset), bukan berarti kita harus memiliki dan menguasai sepenuhnya hal di atas karena kita pun tidak hidup sendiri. Banyak tempat untuk bertanya, dan banyak jasa yang ditawarkan berkenaan dengan hal-hal tersebut di atas, mulai dari jasa setting komputer/desain grafis, jasa rekam master/plate, jasa cetak/print, jasa sablon, jasa potong kertas, dan sebagainya dengan biaya ringan/rekanan (bukan biaya seperti yang dikenakan kepada end user), dimana penyedia jasa-jasa tadi sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

POLA Repro Graphic (POLAR) Bandung

Salah Satu Cabang POLA Repro Graphic (POLAR). Penyedia Jasa Pracetak & Digital Printing di Bandung

Jadi, bagi Anda yang masih mencari informasi sekitar peluang bisnis atau usaha, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengambil peluang bisnis percetakan ini dikarenakan prospek bisnisnya yang semakin bagus dan cukup menjanjikan.