Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipelajari dari digital proof yang di-acc oleh customer atau pelanggan.

Digital proof yang di-acc oleh pelanggan biasanya berupa digital proof lipatan dan berupa digital proof lembaran yang telah dimounting. Sebelum digital proof dibuatkan plate maka sebagai operator cetak atau siapapun yang akan mencetak harus diperhatikan dan dipelajari beberapa hal penting agar proses cetak dapat berjalan dengan lancar dan mudah, serta menghasilkan kualitas cetak yang baik.

Hal-hal tersebut antara lain :

  1. Lihat dan dan perhatikan identitas digital proof.. seperti nama kerjaan , katern.
  2. Lihat dan pelajari warna yang sama tiap katern, karena dibutuhkan konsistensi warna tiap katern.
  3. Lihat dan pelajari sertai tandai setiap warna sambungan.
  4. Lihat dan pelajari setiap warna teks , karena ada beberapa designer atau pelanggan yang memakai warna teks yang terdiri dari warna separasi tidak memakai komposisi warna hitam 100 %.
  5. Lihat dan pelajari warna warana blok solid seperti hitam, karena ada beberapa designer yang memakai komposisi blok hitam pake komposisi warna separasi.
  6. Lihat dan pelajari warna kertas digital proof apakah sudah sama dengan warna kertas yang akan dicetak.
  7. Lihat dan pelajari permukaan kertas digital proof apakah sudah sama dengan permukaan kertas yang akan dicetak.
Digital Proof

Sumber Foto: DigitalArtInc.Com

Tip Yang Akan Membantu Anda Untuk Mempermudah Proses Cetak

  1. Apabila digital proof ada warna yang menuntut konsistensi warna tiap katern, maka buatlah satu potongan kecil warna untuk dijadikan patokan katern berikutnya.
  2. Apabila digital proof ada warna sambungan tiap katern, maka buatlah catatan katern berapa aja yang ada sambungan agar warna benar benar nyambung antara katern yang satu dengan yang lainya.
  3. Apabila digital proof ada teks yang terdiri dari komposisi warna separasi, maka usulkan untuk dijadikan warna yang hanya terdiri dari hitam saja, atau blok hitam 100%.
  4. Apabila digital proof ada blok solid yang komposisi warna terdiri dari separasi, maka di usulkan hanya memakai komposisi hitam solid 100% dan cyan 40%.
  5. Apabila ada digital proof yang warna kertasnya beda dengan kertas yang akan dicetak, maka customer harus diberitahu bahwa nantinya warna hasil cetak tidak akan sama dengan warna digital proof.
  6. Apabila permukaan kertas digital proof berbeda dengan permukaan kertas yang akan dicetak, maka harus diberitahukan customer bahwa kulitas cetakan tidak akan solid seperti digital proof.